Kamis, 20 Juli 2017

Formulir SKCK Yang Cepat Habis

Jaman sekarang nyari pekerjaan susahnya subhanallah ya. Jaman dulu ? Kurang paham deh karena bukan orang dulu. Coba tanya orang tua masing-masing ya. Tapi btw yang termasuk orang dulu sebenernya bukan yang 'sering' disebut orang tua apalagi sesepuh. Gue juga termasuk orang dulu, tapi dulu belum ngerasain gimana cari kerja, baru ngerasainnya sekarang. Jadi ya bener dong ya kalo emang kurang paham.

Sesungguhnya demi blog yang mau gue isi lagi, sekarang ini gue ngga lagi, sedang ataupun mau bikin artikel tentang 'orang dulu'. Coba baca judulnya deh, mata-mata jernih nan tajam kalian pasti kebaca kan ada huruf-huruf yang senada terbentuk menjadi susunan SKCK! bukan, bukan ketawanya anak-anak masa kini, bukan ketawanya orang tua kita-kita yang lagi-sering-update-status-di-facebook, itu sih CKCKckck.

Pada tau nggak SKCK itu apa ? 
 
 
 
Gue yakin pasti pada tau deh pada paham lebih-lebih dari gue yang lagi berjuang mencari kerja sampe-sampe baru ketemu dan kenal dengan huruf-huruf SKCK yang tersusun itu. Nggak kenal banget sih emang, tapi mungkin mudah lah buat diperjuangkan. Ini kemana lagi bae ya monmaap. Oke gini, buat yang emang bener-bener belum tau SKCK itu apa sedikit gue tempel dari website resmi | Polri :

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (disingkat SKCK), sebelumnya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (disingkat SKKB) adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Polri yang berisikan catatan kejahatan seseorang. Dahulu, sewaktu bernama SKKB, surat ini hanya dapat diberikan yang tidak/belum pernah tercatat melakukan tindakan kejahatan hingga tanggal dikeluarkannya SKKB tersebut.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh POLRI melalui fungsi Intelkam kepada seseorang pemohon/warga masyarakat untuk memenuhi permohonan dari yang bersangkutan atau suatu keperluan karena adanya ketentuan yang mempersyaratkan, berdasarkan hasil penelitian biodata dan catatan Kepolisian yang ada tentang orang tersebut.

Jujur sih awal gue tau tentang SKCK itu karena denger temen gue ngomong ada syarat kerja harus punya SKCK and then nggak lama si ayah juga bilang mau buat SKCK. Eh bentar gue baru sadar disini, kok doi baru buat ya ? Ohh berarti tempat kerja doi ngga ada syarat harus punya SKCK. Atau karena kita pindah rumah jadinya doi bikin SKCK baru ? Atau karena doi emang lagi pengen aja main ke polsek ? Yaudah maafin kalo kebanyakan mengira-ngira. Kata si ayah sih mengira-ngira itu kurang baik, jadi silahkan kalo mau tau langsung tanya doi ya, kontaknya terlampir tapi harus melalui mak lampir (re: si mamah).

Kebanyakan intro ini. Gapapa daripada kebanyakan in*sto ntar malah OD (re: OverDosis). Sekilas setelah baca perihal SKCK yang gue cantumin sebelumnya itu udah pada paham ya itu apa, buatnya dimana, dibuat untuk apa, dibuatnya sama siapa, kamu dimana, dengan siapa, skip! Belum lama ini gue ngedatengin Polsek buat bikin SKCK. Pas sampe ditempatnya, ternyata katanya disitu nggak bisa buat bikin SKCK, tapi gue perhatiin lagi itu Posatpam bukan Polsek. Nggak kok, bercanda. Love!

Pertama gue dateng buat bikin itu sekitar pukul 15.00 WIB, kesorean ya iya emang itu juga modal nekat soalnya lagi diluar jadi mencoba sekalian kesana tapi sampai disana hasilnya nihil, udah tutup kata salah satu Pak Polisi. Pas nanya lagi, katanya formulirnya habis. Formulir ? Formulir apa, kaa ? Itu salah satu syarat untuk ngebuat SKCK, sebelum proses pembuatan SKCK dimulai kita diharuskan mengisi formulir tersebut mungkin untuk mempermudah lagi si pembuat SKCK melihat data kita.
 
Hari besoknya gue dateng pukul 09.00 WIB, kalo ini gue bukan modal nekat tapi emang sengaja langsung jalan dari rumah, sampai lagi disana formulir habis. Padahal masih pagi ya ckck (tuh kan gue pake ketauan deh). Keesokan harinya lagi, gue sampai di Polsek pukul 07.00 WIB. Cantik banget seorang Eka Putri Wulandari masih pagi udah di luar rumah. Semoga seterusnya ya. Tapi bukan berarti diusir dari rumah ehh, skip!  Beneran pukul 07.00 WIB gue udah di Polsek. Sampai disana loket pembuatannya masih dikunci, tapi subhanallah yang dateng udah ada kali itu 50an orang, makin banyak malahan lama-kelamaan. Belajar dari pengalaman-pengalaman gue dateng selalu nggak kebagian formulir, gue agak mendekatkan diri kepada Allah SWT hehe itu pasti ya, ini sih mendekatkan diri ke pintu loketnya biar gampang gitu dapetin formulirnya. Sambil nunggu para pejabat pembuat SKCK itu dateng, gue diajak ngobrol sama seorang cewek, ibu anak satu sama suami satu juga kalo nggak salah, iya nggak salah alhamdulillah.

"Kemaren saya dateng jam 8 udah abis aja itu formulir padahal mah dulu nggak secepet itu formulir abis, malah mau dateng siang juga masih ada dan sepi bebas pokoknya mau bikin jam berapa aja, tapi sekarang aduuuh cepet banget ya" bicara ibu satu anak, satu suami itu di samping gue. Ternyata dia udah pernah buat sebelumnya tapi nggak tau kenapa sekarang dia mau buat lagi. Kalo dicerna dari omongannya si ibu, aneh juga ya itu masih jam 8 pagi udah abis, mangsanya yang kelaperan formulir atau emang dari si pencetus formulirnya yang mengharuskan jam 8 pagi udah habis ? 

Waktu demi waktu gue lewatin bareng si ibu dan banyak orang di depan loket tersebut, akhirnya dateng juga mereka yang-melayani-pembuatan-SKCK. Dan saat mereka mulai siap-siap membagikan formulirnya, beneran seriusan itu tempat jadi seperti DPR yang lagi di datengin para pendemo, semua berdesakan maju, senggol menyenggol untuk mendapatkan formulir tersebut. Karena emang harus isi formulir itu dulu baru kita bisa but SKCK. Singkat cerita, gue mendapatkannya! Mendapatkan formulir yang-saat-itu didambakan semua orang disini. Legaaaaaa, lega dengan langsung mengisi formulir dan langsung balikin lagi untuk di proses.

Intinya, formulir pembuatan SKCK di Tambun, Bekasi cepet banget habis mungkin karena emang formulirnya yang dibatesin perharinya berapa aja yang harus dikeluarin, atau karena sekarang udah makin banyak orang-orang di Bekasi khususnya di Tambun. Oh iya atau karena sekarang sepengetahuan gue anak-anak sekolah juga membutuhkan SKCK ya, jadi yaiyalah otomatis nambah orang-orang yang mau buat SKCK. Makin ribet ya btw sekolahan. Udah deh gausah dibahas, panjang kalo ngebahas sekolahan apalagi cara membvuat sekolahannya, tuhkan panjang hehe 

Warga Bekasi khususnya Tambun! Dateng pagi-pagi yaaaaa kalo mau buat SKCK!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar