Kamis, 01 Desember 2016

Positiv AIDS ? Terus kenapa ?

Sebenarnya HIV-AIDS itu sama atau enggak sih? Terus kenapa kalau mengidap HIV-AIDS? Kamu mau jauh-jauh dari aku? Enggak sekalian pergi kau keujung dunia hipotermia di kutub utara hilang di segitiga bermuda. Oke plis bacanya jangan sambil nyanyi ya.

Pasti sering denger atau sering liat kata-kata Jangan jauhi orangnya,
tapi jauhi penyakitnya. Tagline tersebut udah pasti langsung teeeeeeng kepikiran sama penyakit HIV-AIDS ini kan. Ngaku aja udah ngaku. Jangan dipendem mulu nanti sakit. Kentut aja kalo dipendem mulu bikin perut melilit apalagi perasaan. Eh maap Ekanya emang lagi baperan.

Balik lagi ke pertanyaan-pertanyaan diatas ya. HIV-AIDS itu beda atau enggak yaaaaa. Pas ditanya kayak gitu gue langsung ceplosin aje kalo gue emang masih bertanya-tanya dalam pikiran yang kemana-mana tentang itu beda atau enggaknya. Dan akhirnya gue tau kalau HIV-AIDS itu beda. Iya beda. Tapi semua perbedaan itu akan bisa bersatu dengan sendirinya. Kayak aku dan kamu. Wanita dan pria. Begitupun dengan HIV dan AIDS. 

Menurut Yayasan Aids Indonesia, HIV itu gejalanya dan AIDS itu penyakitnya. Oke lu pada udah tau ya iya gapapa cuman gue doang yang belum tau. Tapi sekarang gue udah tau wleeeeee. Kenapa gue bisa dapet menurut YAIDS itu ya? Kenapa? Beberapa relawan yang tergabung di YAIDS beberapa hari lalu dateng untuk melakukan penyuluhan tentang Buah-buahan HIV-AIDS ke Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan aka KOPPAJA Bekasi yang gue emang jadi relawan disana dan otomatis gue ngeliat dong gimana kakak-kakak dari YAIDS melaksanakan penyuluhannya.

Posenya ena ena
Gue lupa nama-nama kakaknya pokoknya ada kak Faisal, kak Ifa, kak yang mirip Edozel tapi dia gatau Edozel ihh kesian eh Edozel hahaha jangan unfol aku Edozel. Di KOPPAJA, mereka menginformasikan tentang HIV-AIDS kepada anak-anak jalanan dan kaum dhuafa dengan usia 13+ dan gue disuruh ikutan memperhatikan makasih loh kak gue yang masih belom paham apa-apa udah disuruh memperhatikan. Tapi gapapa itu semua biar gue paham yekan yedong..

Hari itu hari dimana udara lagi panas-panasnya seperti perasaan saya yang tak kunjung reda, kakak-kakak dari YAIDS memulai penyuluhannya dengan salam pas masuk rumah sekretariat KOPPAJA, duduk, berbincang-bincang dengan kak Krisna (Ketua KOPPAJA Jomblo sampe nikah), membuka laptop (karena kalau komputer sudah tidak berlaku saat ini kecuali mereka bawa juga baru gue bilang berlaku), membuka film Doraemon (yang Nobitanya nikah sama Sizuka, yang zaman itu semua sudah canggih teknologi) dan jeng jenggggg mereka mulai membagi anak-anak yang sesuai usia masing-masing. 

Dengan berjam-jam mengumpulkan anak-anak yang emang pada rusuh tapi tetep baik hati dan rajin mengamen untuk ditabung itu akhirnya duduklah mereka untuk memperhatikan. Buat yang 13+ duduknya di indoor termasuk gue (panashhhhhhh banget sekret wkwk) dan di outdoor untuk adik-adik 13-. Di bagian dalam sekret (indoor) kakak-kakak dari YAIDS membuka powerpoint yang gue gatau dibikin sama siapa untuk dipersentasikan ke semuanya yang di dalam itu. Sedikit bocoran isi prsentasinya itu terkait dengan apa sebenarnya HIV-AIDS, apa saja media yang bisa menyebabkan HIV-AIDS, apakah HIV-AIDS dapat dicegah dan mereka juga memperlihatkan bagaimana HIV yang berupa virus dari AIDS itu bisa merusak kekebalan tubuh seseorang.

cuma dapet foto slidenya ini huhuhu
Mulai dari yang bahasa halus sampai bahasa mulai kedewasa-dewasaan dibahas lah di indoor itu, iya dewasa dan indoor Subhanallah anter gue ke tempat ruqyah kuyuk! Yang nanya ciumanmulut dengan penderita ODHA bisa nular atau engga, yang nanya tatoan bisa menjadi ODHA atau engga, itu aja ya yang gue sebutin soalnya menarik hahahaha oh iya ODHA itu Orang Dengan HIV-AIDS. Hemm pertanyaan-pertanyaan itu dijawab semua loh sama kakak-kakaknya hebat yaaaaaa kece mereka jadi pen milikin satu diantara mereka wahahaha untuk yang ciumanmulut itu akan nular kalau sepasang kekasih tersebut menyatukan air liurnya sampai 3/4 liter yekali ampe banyak gitu bentar ya gue ijin toilet!! Kalau untuk tatoan bisa jadi menular jika jarum suntik yang dipakai tidak pernah diganti dan bekas penderita ODHA makanya kalau mau tatoan mending bawa jarum sendiri atau beli chiki dah ntar tatonya lu pake chikinya buat gue kiwww. Intinya gitu.


Eh apa kabar adik-adik yang ada di outdoor? hahaha mereka asik bermain dengan kakak-kakak dari YAIDS yang lain looooh tapi tetep masih nyambung sedikit dengan HIV-AIDS ya versi anak-anaknya lah kayak dangdut sekarang kan banyak yang versi anak-anak ehehehe tarik maaaaaang~


Hari itu gue rasa bener-bener beda deh di sekret. Gue bisa tau banyak tentang HIV-AIDS, tentang dirimu dan dirinya, pokoknya nambah lagi pengetahuan gue dan kakak-kakak relawan KOPPAJA yang lain khususnya kak Desi dengan pertanyaan-pertanyaan lucunyaaaa tapi malah bikin doi menang pas ditanya balik sama kakak-kakak dari YAIDS ah kak Desi emang banyak nanya pasti banyak jawaban, yaiyalaaaaah hahaha 

kak Desi dan kak Ifa (dapet bros lucu dari YAIDS)
Terimakasih yaaaaaa, kakak-kakak YAIDS udah mau mampir ke KOPPAJA. Jangan bosen sama kita-kita apalagi sama saya yang baru menghirup dunia ah ini apa hahaha. Selamat Hari AIDS Seduniaaaaa. Deketin si ODHA siapa tau dia jodoh kamu lah. Inget ya banyak orang ternama di dunia yang menjadi ODHA. Tetep berkarya, tetep mikirin Eka juga gapapa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar